Forum-Forum Linux sebagai media berdiskusi.

Komunitas dunia maya, keberadaannya sangat bermanfaat sekali, terutama untuk seorang pembelajar yang memerlukan guru/teman2 untuk saling berbagi informasi bahkan tutorial, ya seperti sekarang ini saya lakukan mengunjungi beberapa forum untuk mencari informasi dan bantuan untuk mengembangkan dan menurunkan sistem operasi linux yang sedang saya garap, belajar membuat sendiri distro dengan paket yang diinclude sesuai kebutuhan, ada banyak sekali forum forum diinternet, tetapi mencari yang selalu update thread tentunya menjadi suatu keharusan sebuah forum layak untuk ditongkrongi.

ada beberapa forum yang saya kunjungi untuk mendapatkan informasi tentang sistem operasi linux, terlebih untuk membuat turunannya, berikut ini forum yang saya kunjungi :

1. Forum Ubuntu Indonesia.

   Forum unbuntu indonesia yang beralamat di http://ubuntu-indenesia.com menurut saya adalah salah saru forum komunitas terbesar diindonesia, karena terlihat dari thread yang selalu update didalam forumnya dan banyak member yang aktif, disini terdapat banyak penjelasan2 terhadap linux ubuntu, bagai mana kita mengoptimalkan kinerja ubuntu dan tentunya kita dapat bertanya diforum ini tentang apa yang tidak diketahu, saya perlu banyak mengetahui tentang dalam mesin ubuntu, karena saya akan menggunakan karnel ubuntu ini, dan tentunya saya harus sangat memahami tentang karnel itu sendiri.

2. Forum Backtrack Indonesia

forum yang kedua yang dikunjungi adalah Forum Backtrack indonesia, isi thread dari forum ini banyak membahas tentang hacking dan keamanan jaringan, karena kita tahu sendiri distro backtrack itu penuh dengan tools-tools untuk hacking, perlu mengunjungi forum ini karena saya membutuhkan informasi tentang tools-tools dalam Backtrack karena akan diinclude didistro kabayan yang akan saya coba rilis, tentang eksistensi forum ini menurut saya cukup ramai dan sering terupdate thread-thread didalamnya.

3.) Forum DevilCode

DevilCode, memang ini forum multi thread, sebenarnya forum ini banyak membahas turotial tentang hacking, tetapi terdapat subforum yang membahas tentang sistem operasi yang sedang saya butuhkan, selain hacking juga terdapat subforum tentang semua bahasa pemograman yang tentunya sangat berkolerasi dengan sitem operasi linux yang dibutuhkan pengetahuan untuk mempelajari atau mencoba memodifikasi tampilan atau pun karnel yang didalamnya, forum ini sangat hidup, bahkan ada interactif class yang membahas tentang jaringan atau programing, seperti perkuliahan dikelas, dan tentunya ini sangat menarik dan menambah ilmu.

4.) Forum X-code yogyafree

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu forum hacker diindonesia ini, tetapi saya tidak masuk dan terfokus ke ruang hackingnya, lebih terarah ke ruang sistem operasi dan programmingnya, saya lihat thread therad  forum ini lebih kearah tutorian mengcustem source code linux dari pada membahas teknis luar, tentunya ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan yang menunjang dalam membongkar sistem operasi yang sedang dipelajari..😀

Tinggalkan Balasan

